PENYELARASAN DAN OPTIMALISASI LINK AND MATCH MELALUI REVITALISASI KURIKULUM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN VOKASI PERTANIAN DI KABUPATEN NGADA

Authors

  • Nicolaus Noywuli Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa Author
  • Maria Yoandarta I. Maun Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa Author

Keywords:

Link and Mach, Revitalisasi, Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi

Abstract

Optimalisasi link and macth melalui revitaslisasi Pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi di Kabupaten Ngada dan Indonesia peting untuk dilakukan karena sebagian besar masyarakatnya agraris. Pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi memiliki peranan penting dan strategis dalam mengantarkan generasi bangsa untuk mampu tampil sebagai aktor pembangunan, menuju bangsa yang berdaulat danberdaya saing. Oleh karena itu optimalisasi mutu dan relevansi atau program link and match penting untuk digalakan pada setiap satuan pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi terutama sektor pertanian. Namun dalam realisasinya banyak terkendala dan cukup sulit diimplementasikan sehingga menimbulkan skill missmatch, dan berdampak pada tingginya angka pengagguran. Menyadari pentinya peranan pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan melalui peraturan presiden (perpres) Nomor 68 tahun 2022 tentang revitalisasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi. Penelitian ini tentang analisis kebijakan pendidikan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus (case study). Hasil dari penelitian ini merekomendasikan kepada pemerintah dalam penyusunan peta jalan (road map) kebijakan revitalisasi perlu mempertimbangkan beberapa aspek sebagai berikut : 1) Paradigma baru pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi di era revolusi industri 4.0.; 2) Struktur ketenagakerjaan Indonesia; 3) Regulasi dan harmonisasi peraturan perundang- undangan; 4) Ketersediaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan; 5) Ketersediaan sarana dan prasarana; 6) Penyelarasan kurikulum; 7) Pengembangan kecakapan kewirausahaan; 8) Sistem Penjaminan Mutu (SPM); 9) Keterlibatan dunia usaha dan dunia industri; 10) Penyelarasan dengan potensi daerah/ kearifan lokal.; 11) Penguatan dan pengembangan kapasitas level satuan pendidikan/ pelatihan vokasi.

References

Aliffia Reza Marcheline, Rosatyani Puspita Adiati. Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kesejahteraan Psikologis pada Karyawan yang Mengalami Job Mismatch. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Menta. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (2021). BRPKM. http://e- journal.unair.ac.id/index.php/BRPKM e-ISSN: 2776-1851.

Awiska et al. Linked and Match: Pembelajaran Incentive Tour dan Kebutuhan Industri Mice. Jurnal Inovasi Penelitian Vol.3 No.1 Juni 2022.

Berry, B. The Teachers of 2030: Creating a student-centered profesion for the 21st

century. MetLife Foundation, 2010.

Creswell, J.W. (2013) Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th Edition, SAGE Publications, Inc., London.

Dharmaningtias,D.S. (2013). Penghapusan Kebijakan Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI). Jurnal Politica.

Hendro Wicaksono, Pendidikan Vokasi Sistem ganda (Dual System) di Jerman. DivisiPendidikan IASI Jerman, 2020.

https://kemenperin.go.id/artikel/23125/Industri-Manufaktur-Indonesia-Semakin-Ekspansif https://www.bps.go.id/pressrelease/2018/05/07/1484/februari-2018--tingkat-

pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-13-persen--rata-rata-upah-buruh-per-bulan- sebesar-2-65- juta-rupiah.html. (diakses 09/08/2022).

https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/11/05/1673/agustus-2020--tingkat-

pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-7-07-persen.html. (diakses 09/08/2022). https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/11/05/1816/agustus-2021--tingkat- pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-6-49-persen.html. (diakses 09/08/2022).

https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/05/09/1915/februari-2022--tingkat- pengangguran- terbuka--tpt--sebesar-5-83-persen-dan-rata-rata-upah-buruh-sebesar-2- 89-juta-rupiah-per- bulan.html. (diakses 09/08/2022).

https://www.kominfo.go.id/content/detail/33004/angkatan-kerja-produktif- melimpah/0/artikel (diakses 11/08/2022).

https://www.kompas.id/baca/tajuk-rencana/2022/04/20/mengubah-paradigma- pendidikan-vokasi (diakses 06/08/2022).

https://www.polestarllp.com/what-is-industry-40-and-its-nine-technology-pillars https://www.weforum.org/agenda/2020/10/top-10-work-skills-of-tomorrow-how-long-it- takes-to-learn-them/

Intruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan(SMK). Ivan Putranto. Pengembangan Model Kerjasama Link and Match untuk Meningkatkan Kesiapan Kerja Bagi Lulusan SMK Kompetensi Keahlian Akuntansi di Kota Semarang. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, Vol. 1, No. 1, Juni 2017: 69 – 83.

John Robst. Education and job match: The relatedness of college major and work. Science Direct, Economics of Education Review 26 (2007) 397–407

Milandah Maulina, Nono Hery Yoenanto. Optimalisasi link and match sebagai upaya relevansi SMK dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen PendidikanVolume 10, No.1, April 2022 (28-37). 10(1), 28-37. doi: https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.48008

Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Internal, Pendidikan Akademik, Pendidikan Vokasi, Pendidikan Profesi , Pendidikan Jarak Jauh. Kementerian Riset, Teknologi, da Pendidikan Tinggi, Direktorat Penjaminan Mutu, 2018.

Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 tahun 2019, tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sanapian, Faisol. (1999). Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar Aplikasi. Malang: IKIP

Strategi Implementasi Revitalisasi SMK. 10 langkah revitalisasi SMK. Buku Serial Revitalisasi SMK. Direktorat Pembinaan SMK Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017

Suhaib Ur Rehman, Shamoil Ejaz. An Implementation of 9 Pillars of Industry 4.0 in Conventional Footwear Industry Model. International Journal of Engineering Applied Sciences and Technology, 2020. Vol. 4, Issue 12, ISSN No. 2455-2143, Pages 283-286. Published Online April 2020 in IJEAST (http://www.ijeast.com).

the future of Jobs oleh World Economic Forum (2020) | World Economic Forum Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Wardiman Djojonegoro. (1998). Pengembangan sumber daya manusia melalui sekolah menengah kejuruan (SMK). Jakarta: PT Jayakarta Agung Offset.

World population review, Education Rankings by Country 2021 https://worldpopulationreview

.com/country-rankings/education-rankings-by-country (diakses 01/08/2022).

Published

23-03-2024

How to Cite

PENYELARASAN DAN OPTIMALISASI LINK AND MATCH MELALUI REVITALISASI KURIKULUM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN VOKASI PERTANIAN DI KABUPATEN NGADA. (2024). Jurnal Teknologi Peternakan, 1(1), 1-17. http://ejournal.stiperfb.ac.id/index.php/jtp/article/view/48